Catatan Andi Agusta

Saturday, 16 January 2016

Pemanfaatan teknologi bergerak

No comments :
 andiagusta.blogspot.com


Siapa yang tidak mengetahui operating System yang bercirikan Robot hijau?
Yap... benar yaitu Android, yaitu OS untuk perangkat mobile ini sangat di gemari oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia karna banyak kemudahan dan kecangihanya yang bisa dirasakan, eh....  juga bisa dikatakan ini loh... yang yang diam- diam membunuh HP julukan tahan banting atau disamakan HP yang tahan dibanting-banting.

Diatas adalah pendahuluan tentang artikel teknologi bergerak saat ini.
Mobile technology atau teknologi mobile adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan berbagai macam tipe dari teknologi komunikasi selular. Teknologi mobile ini telah berkembang dengan sangat pesat pada beberapa tahun terakhir. Sebuah perangkat mobile sudah berubah  menjadi telefon selular, sistem navigasi GPS, web browser, client Instant Messenger dan video game genggam.

Teknologi semakin berkembang, semakin lama akan semakin canggih. Hal ini membuat  pakar-pakar teknologi saling bersaing dalam pembuatan produk unggulan dalam bidang teknologi dan informasi. Maka tidak asing lagi bagi khalayak umum jika melihat barang-barang canggih dan mewah tentunya. Hal tersebut sudah menjadi biasa karena kehidupan ke depan mungkin akan lebih modern lagi daripada kehidupan sekarang. Tak jarang juga bahwa seseorang selalu membawa gadgetnya ke mana-mana. Sebagai contoh dalam lingkungan kampus, banyak mahasiswa yang memiliki gadget yang serba canggih.  Handphone menggunakan handphone yang sudah android, tablet pun menggunakan tablet yang android. Walaupun kenyataannya ada juga mahasiswa yang masih menggunakan HP berumur. Sebagai contoh penulis juga pakai HP berurumur....

Mari kita lihat dulu perkembangan teknologi komunikasi yang dimulai dari 1G Samapi 4G .

  • Generasi Pertama Telekomunikasi Bergerak (1G)
  • Generasi Kedua Telekomunikasi Bergerak (2G)
  • Generasi Kedua Telekomunikasi Bergerak (3G)
  • Generasi Kedua Telekomunikasi Bergerak (4G)
Untuk yang lebih rinci ini generasinya:
  1. 1G - Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps
  2. 2G - Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps
  3. 2.5G - Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) 20-40 kpbs
  4. 3G - Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps
  5. 3.5G - Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps
  6. 4G - Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-5 mbps
  7. 5G - Gigabit per second in a few years (?) 1+ gbps
Apa-apaan ini 4G baru di coba sudah mulai keluar saja yang 5G, hebat-hebat dengn kemajuan teknologi di harapkan kita juga harus bijak menggunakan teknologi.

Manfaat dari penggunaan Androd:
·         Dunia Pendidikan
·         Hiburan
·         Bisnis
·         Komunikasi DLL
Kita akan bahas dua hal yaitu dari Bisnis dan Pendidikan:

Pendidikan
·         Aplikasi android ini mungkin termasuk kategori menyenangkan untuk penggunannya, karena aplikasi ini memungkinkan pengguna ponsel ataupun tab berbasis android untuk mengubah foto dari penggunanya  menjadi teka-teki. Cara menggunakan aplikasi ini yaitu dengan menggoyang-goyangkan telepon  untuk mengacak apa yang ada di layar ponsel tersebut, kemudian memindahkan potongan ke dalam tempat untuk mencoba membangunnya kembali. Hal ini dapat membuat asah otak menyenangkan atau teka-teki logika yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan kepentingan.
·         Aplikasi ini berguna untuk mengatur catatan kelas dan tugas-tugas  . Pengguna ponsel android dapat menyinkronkan catatannya kemudian berbagi dengan teman yang lain. Bahkan, pengguna android untuk aplikasi ini juga dapat melakukan proses jual beli.  Untuk pengguna aplikasi android ini dapat menjual catatanya, atau membuat kursus online dan kuis yang dapat dijual. Selain itu, ada jual pasti ada juga beli, apa yang dapat dijual, tentu dapat juga dibeli.
·         Dapatkan jutaan buku di telapak tangan melalui Barnes dan Noble. Sebuah e-reader yang berguna untuk pengguna ponsel android. Simple dan menyenangkan.
·         Ada pertanyaan? Aplikasi ini memiliki jawabannya. Tanyakan hal apa pun yang anda inginkan, dan akan menghasilkan jawaban yang kemudian jawaban itu dapat disimpan untuk digunakan kemudian. Topik pertanyaan meliputi matematika, budaya, olahraga, cuaca, fisika, kimia, data sosial ekonomi, gizi dan banyak lagi.
·         Aplikasi ini adalah meteran listrik pribadi. Dengan itu, pengguna aplikasi ini  dapat mengetahui berapa banyak listrik yang telah digunakan dan sekaligus berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar listrik tersebut. Bahkan, para pengguna aplikasi ini juga dapat mengukurnya menurut alat. Selain manfaat praktis seperti sebuah aplikasi untuk orang dewasa, ini juga berguna dalam kelas untuk mengajar siswa tentang listrik, atau bahkan tentang pentingnya penganggaran.

Dan masih banyak Aplikasi yang lain yang tetunya dapat memberikan wawasan dan melatih diri dalam berpikir.

Bisnis

E-Commerce menjadi kata yang lumayan sering kita dengar atau kata lain beli online dan StartUp adalah kata yang menunjukkan peran penting dalam perkembangann teknologi bergerak.
Banyak sekali StartUp bermunculan di Indonesia tetapi kita lihat yang sudah terlihat besar:

1.      Tokopedia
2.      Traveloka
3.      Gojek
4.      BukaLapak
5.      HijabHunt DLL

Yang akan kita bahas yaitu Tokopedia.
Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Salah satu pemain e-commerce besar di Indonesia dengan visinya “Ciptakan Peluangmu”. Lulusan Teknik Informatika Universitas Binus tahun 2003 ini, berbagi pengalamannya dalam membangun dan mengembangkan Tokopedia.

Terinspirasi oleh para entrepreneur muda dari Sillicon Valley yang menggandeng pemberi modal atau investor yang dapat membantu mengembangkan bisnis mereka, William berusaha untuk mencari dukungan modal. Karena pada saat itu William tidak kenal investor manapun, satu-satunya orang yang ia kenal punya modal, yaitu atasannya di tempat ia bekerja. William mencoba menceritakan ide bisnisnya. Beliau cukup berbaik hati dan memperkenalkan dengan teman-teman yang juga punya modal.
Sayang, selama 2 tahun dia menjajakan ide bisnisnya, tidak ada yang mau membantu. Alasannya karena mereka tidak yakin dengan ide bisnis marketplace tersebut. Pasalnya, belum ada satu pun orang Indonesia yang berhasil, sukses dan kaya dari bisnis internet. Investor tidak pernah melihat uangnya atau untungnya dimana. Dan bagaimana ia bisa bersaing dengan raksasa dari luar negeri seperti eBay.

Dua contoh diatas adalah segelintir tentang perkembangan teknologi bergerak pada saat ini, yang terpenting adalah kita jangan hanya menjadi penonton, ikutlah bertanding karna dengan ikut bertanding kita tahu bahwa indanya arena tersebut maka dari itu mari bermimpi dengan mata yang terbuka.
   
Keberanian
William merasa beruntung karena memilih untuk berani percaya kepada diri sendiri ketika tidak ada orang yang percaya padanya. Percaya pada mimpinya, ketika tidak ada orang lain yang percaya akan mimpinya. Ia tahu bahwa masa lalu sudah tidak bisa diubah namun, ia percaya masa depan ada di tangannya.

Kegigihan
Seluruh perjalanan Tokopedia dari awal hingga saat ini adalah tentang kegigihan. William membutuhkan waktu 2 tahun untuk meyakinkan investor pertama untuk menanamkan modal ke Tokopedia. Dalam perjalanannya ternyata tidak mudah karena 6 bulan setelah itu, eBay datang ke Indonesia dan menggandeng Telkom, perusahaan telekomunikasi raksasa Indonesia. Dan beberapa perusahaan besar luar lainnya pun masuk ke pasar Indonesia.

Dua hal yaitu Keberanian dan kegigihan yang perlu di tanam sebagai pemuda kita telah melihat banyak orang yang memanfaatkan teknologi ini tetapi kita hanya diam
Hanya pengetahuan saja tampa aksi membuat kita enggan beraksi.


No comments :

Post a Comment